Tuesday, January 27, 2009

WILAYAH SEBAGAI SUATU ELEMEN STRUKTUR SPASIAL DAN KLASIFIKASI WILAYAH

Oleh : Ilham Alfian Nor, 2008

Tulisan ini boleh untuk diambil keseluruhan atau sebagian dengan tetap mencantumkan sumber aslinya

ABSTRAK
Perkembangan ilmu ekonomi juga menyentuh sisi spasial yang merupakan akibat dari adanya perhitungan jarak dan ruang. Pada mulanya dalam ilmu ekonomi klasik, hal ini tidak menjadi perhatian, karena konsentrasi ilmu ekonomi pada waktu itu hanya tertuju pada produsen, distribusi dan konsumen. Perkembangan selanjutnya, faktor jarak dan waktu menjadi variabel yang signifikan dalam distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Selain itu karakteristik tata ruang juga sangat mempengaruhi jenis produksi, waktu produksi dan cara produksi barang atau jasa.
Sehingga jika faktor spasial dimasukkan sebagai variabel dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi, maka akan menimbulkan beberapa permasalahan. Secara umum permasalahan ekonomi wilayah adalah seperti jenis, frekuensi dan durasi suatu kegiatan ekonomi yang terjadi di atas suatu wilayah. Akibatnya faktor spasial akan sangat mempengaruhi suatu kegiatan atau pertumbuhan ekonomi pada wilayah tersebut, bahkan bisa terasa secara nasional. Selain itu akan terjadi interaksi antar daerah dan setiap daerah akan melakukan kegiatan ekonomi yang unik dan optimal untuk masing-masing daerah. Untuk itu, maka sangat diperlukan suatu pengaturan atau kebijakan atas kegiatan ekonomi pada wilayah tertentu yang tentunya dilakukan oleh pihak pemerintah atau yang bekuasa.
Akibat adanya dinamika kegiatan ekonomi pada suatu wilayah, maka akan terbetnuk wilayah-wilayah yang kalu dilihat secara umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, tergantung dasar pengklasifikasian yang dipakai. Namun secara global wilayah dapat digolongkan menjadi empat jenis yaitu wilayah homogen, wilayah nodal (polarisasi), wilayah program (perencanaan) dan wilayah administrasi.

Versi lengkap PDF

1 komentar:

Nizam Al Qurawi said...

..kada mangarti aku tulisan ikam tu..adalah hubungannya lawan upah marincah pahumaan ku yo.... :0

 

Blogger news

Mobile Edition
By Blogger Touch